11 Cara Memotivasi Tim Sales untuk Meningkatkan Penjualan

Tim Sales Berdiskusi

Tim sales merupakan tim yang setiap hari harus bekerja dengan tekanan yang berat. Mereka adalah ujung tombak dari perusahaan yang mana merupakan kekuatan pendorong untuk keberlangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu, sangat amat penting menjaga tim sales agar selalu semangat, mengingat mereka merupakan salah satu bagian yang memelihara aset terbesar perusahaan, yaitu customer, mencari prospek, mengubah prospek menjadi konsumen, dan menjadikan konsumen sebagai pelanggan yang setia.

Cara Efektik Memotivasi Tim Sales

Untuk itu, Anda sebagai manager atau orang yang berkepentingan di dalam perusahaan harus dapat memotivasi tim sales dengan baik dan benar agar mendapatkan dampak yang baik bagi perusahaan, baik itu penjualan yang meningkat atau kinerja mereka yang selalu baik.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja tim sales:

1. Fokus Pada Tujuan dengan Menggunakan KPI

Selain menetapkan target atau goals, Anda juga perlu memperhatikan tujuan atau aktivitas yang sudah ditetapkan. Dengan memiliki tujuan yang terfokus tentu akan meringankan beban pada anggota tim sales dalam melakukan penjualan. Selain itu, fokus pada tujuan juga mampu memberikan kebebasan pada anggota tim sales yang memiliki keinginan untuk membangun hubungan yang baik dengan customer-nya.

Tetapkanlah visi dan misi untuk tim sales tentang cara mencapai goals, ini merupakan salah satu menentukan tujuan yang terfokus. Contohnya, dengan membuat perencanaan dan strategi agar dapat mencapai tujuan perusahaan serta tujuan diri sendiri. 

Apabila memiliki fokus tujuan yang lebih tinggi, maka tim sales akan lebih mudah untuk mencapai target yang lebih kecil. Sebagai contoh, jika perusahaan memberikan target penjualan untuk 10 produk. Maka jangan pernah Anda mejadi penghalang anggota tim sales yang memiliki target penjualan pribadi sebesar 3x lipat.

Kata-Kata Semangat Sales:
“Fokuskan tujuan yang ingin didapat, jangan biarkan faktor lain menghalangi tujuan Anda.”

Adapun cara yang digunakan tim sales untuk meningkatkan penjualan di perusahaan hingga berkali-kali lipat adalah dengan mengelola hubungan perusahaan dengan para pelanggan. Tools yang biasa digunakan ini dalah CRM (Customer Relation Manager), di mana tools ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan customer retention, mengikuti tren upaya penjualan dan pemasaran, serta mengotomatiskan alur komunikasi dengan pelanggan.

Sehingga dengan menggunakan tools ini, tim saled dapat mengaplikasi tujuan yang ingin dicapai yaitu meningkatkan penjualan. Untuk sebagian besar perusahaan, CRM adalah sebuah investasi yang biasanya paling ekstensif yang dalam hal teknologi penjualan.

Di dalam tools CRM tersebut, ada beberapa indicator yang diperhatikan oleh tim sales, salah satunya adalah KPI (Key Performance Indicator). KPI sering dipakai sebagai salah satu materi motivasi sales dalam membantu mengukur kinerja dan keberhasilan penjualan di perusahaan. Selain itu, KPI ini juga digunakan sebagai alat untuk mengatur strategi dan mengambil keputusan.

2. Menetapkan Target dan Sales Goal dengan Bijak

Dalam menetapkan target dan sales goal, Anda haruslah bijak, maksudnya adalah Anda bisa mengkomunikasikannya terlebih dahulu kepada sales force / sales team. Selain itu, goals atau tujuan harus diberikan sesuai dengan porsi tim sales dan menggunakan bahasa mereka. Dan hal yang utama adalah target ataupun goals yang ditetapkan haruslah jelas dan achievable, yang artinya tim sales tahu bagaimana cara untuk mencapainya, strategi apa yang harus digunakan, dan amunisi apa yang harus digunakan. 

Misalnya, target penjualan yang harus dicapai oleh tim sales adalah menjual lima produk. Nah, target ini dapat menjadi motivasi untuk tim sales, pada waktu yang sama juga bisa membantu untuk mengatur strategi atau langkah apa yang harus mereka ambil jika pada pertengahan bulan belum mencapai atau bahkan hampir setengahnya. Nah, strategi inilah yang dapat membantu tim sales supaya tetap semangat dalam meningkatkan performa mereka.

Kata-Kata Semangat Sales:
“Diskusikan bagaimana cara mencapai sukses. Walaupun tidak membuat Anda sukses dalam sekejap, setidaknya dapat menumbuhkan semangat dalam menjual.”

Berdasarkan quote tersebut, itu artinya diskusikanlah atau tetapkanlah target goals bersama tim sales, walaupun tidak langsung sukses, tapi Anda sudah berhasil menumbuhkan rasa semangat pada tim sales Anda

3. Membuat Lingkungan Penjualan dan Budaya Kerja yang Positif

Budaya Kerja yang Positif dengan Menggunakan Post It Notes

Banyak orang yang mengatakan bahwa bekerja di lingkungan kerja yang menyenangkan dan nyaman merupakan salah satu cara agar tim dapat bekerja dan termotivasi dengan baik, tak terkecuali tim sales. Dengan membuat dan menciptakan lingkungan penjualan dan budaya kerja yang positif, maka akan berdampak ke penjualan tim sales yang bisa lebih maksimal.

Ada lima faktor kunci dalam membuat dan menciptakan lingkungan penjualan yang nyaman, yaitu:

  1. Setiap anggota tim sales harus mengetahui dan memahami apa arah dan tujuan sebenarnya terhadap target dan goals yang diberikan. 
  2. Anda harus memastikan tim sales sudah mempunyai keterampilan dan sumber daya agar dapat mencapai tujuan dan target mereka.
  3. Anda juga harus memastikan bahwa setiap tim sales dapat memantau kinerja mereka dengan teratur.
  4. Anda harus menghindari ddan menyingkitkan apa saja potensi yang dapat menimbulkan ancaman dan harus selalu siap dengan rencana cadangan.
  5. Selalu menciptakan komunikasi yang baik antara tim sales.

4. Bangun Trust dengan Sesama Tim

Cara memotivasi tim sales berikutnya adalah dengan membangun kepercayaan. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun kepercayaan. Dengan begitu, tim sales tentunya akan semakin lebih bersemangat jika mengetahui bahwa yang sudah dilakukannya selama ini sangat memberikan manfaat untuk perusahaan. 

Anda harus menjelaskan betapa sangat pentingnya semua usaha dan jerih payah yang telah diberikan oleh setiap orang di tim sales untuk perusahaan, karena semua usaha dan pengorbanan yang mereka berikan pasti akan memberikan hasil yang besar terhadap perusahaan dan pekerjaan lainnya.

Salah satu contoh cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun kepercayaan kepada tim sales adalah dengan memberikan komisi dan bonus. Meskipun pemberian bonus sudah menjadi standar perusahaan, namun hal ini dapat membuat mereka terus termotivasi untuk bekerja.

Contoh cara lainnya untuk membangun kepercayaan pada tim sales adalah dengan memberikan penghargaan atas segala sesuatu yang sudah mereka raih. Anda bisa memberikan pujian kepada tim sales dengan hal yang sederhana seperti hanya sekerdar memberikan  “high five” atau memberikan pengumuman kecil pada saat briefing di pagi hari.

Hal kecil seperti ini saja dapat membuat tim sales percaya kepada Anda dan lebih termotivasi. Buat dorongan kepada tim sales agar bisa saling memberikan penghargaan satu sama lain jika rekan mereka ada yang berhasil.

Kata-Kata Semangat Sales:
“Kepercayaan adalah perekat kehidupan. Hal ini merupakan unsur terpenting dalam komunikasi yang efektif. Ini adalah prinsip dasar yang memegang semua hubungan.” -Stephen Covey

5. Memakai Bahasa yang Mudah Dimengerti Dalam Berkomunikasi

Anda melakukan komunikasi dengan tujuan agar pesan yang Anda sampaikan dapat diterima dengan benar, tidak lebih dan tidak kurang, dan juga dapat dipahami seperti Anda memahaminya. Jadi, tidak akan ada gunanya jika Anda melakukan briefing dengan berbagai istilah yang keren dan canggih, namun tidak ada yang bisa dipahami sama sekali oleh mereka.

Anda bisa saja menggunakan bahasa atau istilah keren di sales atau marketing, tapi Anda juga harus pastikan bahwa mereka atau tim sales Anda paham akan istilah tersebut. Selain itu, jalankan komunikasi yang hidup, bagaimana maksudnya? Maksudnya adalah lakukan komunikasi dua arah dengan tim sales Anda, seperti adanya feedback sehingga Anda dapat mengetahui sejauh mana mereka memahami apa yang Anda maksud.

Kata-Kata Semangat Sales:
“Keren bukan dilihat dari bahasa yang Anda gunakan. Gunakanlah bahasa yang tepat pada orang yang tepat.”

6. Berikan Peluang untuk Individu Agar Mereka Bisa Mengembangkan Diri

Seminar Pengembangan Diri

Memberikan kesempatan pada anggota  tim sales untuk melakukan atau mempelajari keterampilan baru merupakan salah satu cara untuk memotivasi mereka. Anda dapat memberikan fasilitas pengembangan karir atau pengembangan diri kepada mereka, contohnya dengan membuat seminar atau webinar tentang sales, dan lain sebagainya.

Cara ini dapat membantu mereka dalam menaikkan penjualan. Namun, bukan hanya kepada anggota tim sales saja, Anda bisa memberikan fasilitas ini kepada seluruh tim yang ada di perusahaan Anda. Sehingga diharapkan setelah mengikuti pengembangan diri tersebut, dapat memberikan dampak yang baik untuk perusahaan Anda.

Kata-Kata Semangat Sales:
“Setiap anggota tim perusahaan berhak mendapatkan pengembangan diri.”

7. Monitor Faktor yang Bisa Merubah Level Motivasi Tim

Setiap orang adalah sebuah individu yang unik, tidak ada yang sama, satu dengan yang lain pasti berbeda. Begitu juga dengan orang-orang sales. Mereka dapat termotivasi dengan sesuatu yang berbeda-beda, biasanya dimulai dari motivasi kerja dan persepsi mereka tentang dunia kerja yang mereka jalani saat ini.

Namun secara umum, manusia akan termotivasi oleh dua emosi terkuat, keinginan dan ketakutan yang hebat. Untuk itu, saat Anda ingin memotivasi tim sales, pastikan Anda memahami dan mengetahui apa saja yang menjadi faktor yang dapat berpotensi menaikkan atau menurunkan motivasi mereka.

Misalnya, Anda mengetahui keinginan salah satu tim sales Anda adalah memiliki mobil yang bagus. Nah, hal ini dapat Anda jadikan motivasi untuknya agar dapat bekerja dengan lebih baik. Anda dapat memberikan arahan nyata, track atau jalur menuju apa yang ia inginkan dan menghindari apa yang ditakutkan dengan tindakan nyata.

Kata-Kata Semangat Sales:
“Kenali lebih jauh tentang potensi dari setiap anggota tim.”

8. Identifikasi Setiap Masalah yang Hadir

Saat ingin mencapai target penjualan, pasti ada saja masalah yang hadir yang menjadi faktor terhambatnya kesuksesan. Dalam situasi seperti ini, Anda harus bekerja untuk mendapatkan solusi dan menentukan apa saja langkah-langkah yang harus diambil.

Anda dapat membantu anggota tim sales untuk mengidentifikasi masalah yang muncul dan menentukan secara tepat apa yang menghalangi mereka untuk mencapai tujuan kerja. 

Hal Ini adalah salah satu cara yang bagus untuk membantu membangun kepercayaan dan pemecahan masalah dengan cepat. Selain itu, para tim sales juga akan melihat Anda bukan hanya sebagai atasan, tetapi juga sebagai mentor yang dapat diteladani. Berikan waktu Anda untuk berbicara dengan setiap perwakilan anggota tim setiap minggu untuk membahas dan mencari tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak, serta bagaimana Anda bisa membantu. 

Kata-Kata Semangat Sales:
“Penyelesaian sebuah masalah dapat dilakukan dengan membuat komunikasi yang baik.”

9. Kreatif Menemukan Antusiasme

Meningkatkan penjualan tidak harus selalu menyuruh para tim sales untuk berjualan, namun dengan memberikan motivasi kepada mereka juga dapat meningkatkan penjualan. Tim sales akan tetap merasa termotivasi jika mereka mempunyai pemimpin yang dapat memberikan semangat. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menunjukkan kreativitas Anda sebagai manajer agar anggota tim sales Anda dapat antusiasme untuk berjualan.

Sebagai contoh, Anda dapat melakukan diskusi secara personal dengan setiap anggota tim sales. Coba Anda dengarkan keluhan dan saran dari mereka. Anda bisa menggali informasi tentang mereka sebanyak-banyaknya dan sedetail mungkin. 

Setelah Anda mendapatkan informasi tentang kendala dan usaha yang sudah mereka lakukan, maka selanjutnya Anda dapat memberikan solusi dari setiap kesulitan anggota tim sales, baik secara individu maupun tim.

Kata-Kata Semangat Sales:
“Kreatifitas diperlukan dalam hal apapun.”

10. Memberikan Reward Bagi Mereka yang Berhasil Mencapai Target Individu

kado dan bingkisan

Siapa yang tidak senang diberi reward atau hadiah atas pekerjaan yang sudah dilakukan? Begitu pula dengan tim sales, dengan memberikan hadiah atau reward diharapkan hal ini dapat menumbuhkan motivasi untuk mereka agar dapat bekerja lebih baik lagi.

Namun, perlu Anda ketahui tidak semua orang memiliki motivasi yang sama. Mungkin ada orang yang lebih senang diberi waktu liburan ekstra dibandingkan hanya sekedar insentif gaji. Untuk itu, Anda perlu menemukan hal apa yang membuat tim sales Anda termotivasi.

Selain itu, jangan pernah Anda selalu mengucapkan terima kasih kepada tim Anda atas segala sesuatu yang mereka lakukan. Meskipun terlihat remeh, namun hal ini dapat berdampak besar bagi perusahaan dan penjualan.

Kata-Kata Semangat Sales:
“Reward atau hadiah merupakan salah satu alat paling ampuh untuk memotivasi tim.”

11. Memberi Motivasi Dalam Mengatur Keuangan

Dalam memberikan motivasi ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mungkin Anda tidak sadar bahwa ada salah satu alat yang dapat membuat orang lebih termotivasi yaitu uang. Memang uang bukanlah segalanya, namun Anda harus realistis bahwa hidup membutuhkan uang.

Uang dapat dijadikan sebagai salah satu alat motivasi untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Apabila Anda menjanjikan komisi atau gaji yang lebih besar kepada tim sales, pasti dengan sadar mereka akan lebih meningkatkan usaha mereka dalam bekerja.

Namun, orang yang mempunyai keinginan untuk mendapatkan income besar atau tidak puas hanya dengan gaji tetap, maka mereka akan berusaha melakukan apapun untuk mendapatkannya, tugas Anda di sini adalah menunjukkan bagaimana caranya.

Contohnya, dengan cara memberi tahu gambaran tentang betapa susahnya Anda saat tidak memiliki uang atau saat Anda tidak bisa melakukan berbagai hal karena keterbatasan keuangan kita.

Sebaliknya, Anda juga memberikan gambaran tentang pentingnya mengejar uang lebih banyak hari ini, saat ini, sekarang ini, dan bagaimana cara untuk mengatur keuangan tersebut sehingga kehidupan yang akan datang lebih terjamin.

Dengan begitu, orang-orang seperti ini akan mempunyai semangat dan usaha yang ekstra, bahkan mereka juga akan bisa bertahan dalam tekanan yang berat sekalipun.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang bagaimana cara memotivasi tim sales. Yang perlu Anda ingat adalah meningkatkan penjualan bukan harus selalu tentang menyuruh tim untuk berjualan, tapi mulailah dengan memberikan motivasi kepada mereka sehingga nantinya akan memberikan dampak yang baik untuk penjualan perusahaan. Terima kasih.

Comments are closed.